Jumat, 09 Juli 2010

Sesungguhnya manusia hidup bukan hanya di dunia saja, tetapi telah menjalani kehidupan lain sebelum ke dunia dan akan menjalani kehidupan lainnya lagi setelah di dunia. Perjalanan alam-alam ini merupakan proses dan tahapan bagi manusia untuk mempertanggung jawabkan amalan yang telah ia lakukan di dunia. Agar kita tidak menjadi orang yang disebut oleh allah menjadi orang yang kufur terhadap segala macam nikmat dan perintah-Nya.. Allah swt. berfirman:

كَيْفَ تَكْفُرُوْنَ بِاللهِ وَكُنْتُمْ اَمْوَاتًا فَاَحْيَاكُمْ ثُمَّ يُمِيْتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيْكُمْ ثُمَّ اِلَيْهِ تُحْشَرُوْنَ

“Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati(1), lalu Allah menghidupkan kamu(2), kemudian kamu dimatikan(3) dan dihidupkan-Nya kembali(4), kemudian kepada-Nya-lah kamu(5).” (Al-Baqarah: 28)

Secara garis besar penjelasan ayat di atas menggambarkan 5 proses hidup mati manusia :

Mengapa kamu kafir kepada Allah?
1. padahal kamu tadinya mati ----- Mati
2. lalu Allah menghidupkan kamu ---- Hidup
3. kemudian kamu dimatikan ----- Mati
4. dan dihidupkan-Nya kembali ----- Hidup
5. kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan ----- Dikembalikan

Secara lebih rinci, seluruh tahapan alam kehidupan yang telah dan akan dialami manusia terdiri dari 14 (empat belas) tahapan alam, dari alam ruh hingga surga atau neraka. Sebelas alam diantaranya adalah alam setelah manusia mati.
Sungguh perjalanan yang sangat panjang menuju surga atau neraka !

Proses dan jalan yang panjang yang dialami manusia dari masa belum terciptanya manusia hingga perjalannan alam dalam mempertanggung jawabkan amalan manusia di hadapan Allah SWT. Pasti akan kita lewati dengan proses yang telah ditentukan Allh SWT. Tahapan ini dapat kita petik dalan QS. surat al-Baqarah 28 :


وَكُنْتُمْ اَمْوَاتًا
"...padahal kamu tadinya mati..."

Alam Ke-satu : ALAM ROH /ALAM ARWAH
Yakni alam (utama) dimana Awal manusia diciptakan dan tidak ada satupun manusia mengetahuinya karena bagi Allah swt. tidak ada batas Ruang/Waktu dan Tempat.

Memasuki proses pertama:
فَاَحْيَاكُمْ
...lalu Allah menghidupkan kamu...

Alam Ke-dua : ALAM RAHIM
yakni alam (antara) dimana manusia tercipta melalui suatu proses pembenihan di dalam Rahim/ kandungan yang lamanya sudah ditentukan 9 bulan, Sehingga memasuki;

Alam Ke-tiga : ALAM DUNIA
yakni alam (utama) yang berisi ujian sebagaimana yang kita sedang alami bersama sekarang ini.
Alam dimana kita harus melaksanakan segala perinta allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Sampai kita dipanggil oleh Allah SWT. Dengan memasuki proses sakaratul maut.dimana alam (antara) pada saat roh manusia dicabut oleh Allah swt yakni alam antara Dunia menuju alam kubur.
didalam alam sakaratul maut ini biasanya manusia diperlihatkan tempatnya di akherat kelak.
Dalam Lu’lu’ wal Marjan hadits no. 1822 - 1826 disebutkan sabda Nabi saw., “Sesungguhnya seorang jika mati, diperlihatkan kepadanya tempatnya tiap pagi dan sore. Jika ahli surga, maka diperlihatkan surga, dan bila ia ahli nereka (maka diperlihatkan neraka). Maka diberitahu: Itulah tempatmu kelak jika Allah membangkitkanmu di hari kiamat.” (Bukhari dan Muslim)


ثُمَّ يُمِيْتُكُمْ
... kemudian kamu dimatikan ...

Alam Ke-Empat : ALAM KUBUR atau ALAM BARZAH,
Alam kubur disebut juga alam barzakh (dinding), karena kubur adalah dinding yang memisahkan antara dunia dan akhirat
Kemudian "Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur". (’Abasa: 21)
menunggu datangnya hari kiamat. Dan bagi yang memperoleh nikmat kubur, mereka para ahlul kubur seperti tidur saja layaknya
Barzakh yang bermakna kubur terdapat pada surat Al-Mu’minuun: 100. Allah swt. berfirman, “Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.”
alam ini di mana manusia akan memperolah Siksa atau Nikmat kubur tergantung perbuatannya selama hidupnya di dunia oleh karena itu Rasulullah saw. bersabda, “Apabila seseorang dari kamu berada dalam keadaan tasyahhud, maka hendaklah dia memohon perlindungan kepada Allah dari empat perkara dengan berdoa: yang bermaksud: Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon perlindungan kepadaMu dari siksaan Neraka Jahannam, dari siksa Kubur, dari fitnah semasa hidup dan selepas mati serta dari kejahatan fitnah Dajjal.”



ثُمَّ يُحْيِيْكُمْ
: ... dan dihidupkan-Nya kembali...

Alam Kelima : KIAMAT atau disebut AKHIR ZAMAN atau Yaumul Qiyamah
yakni alam (antara) dimana Allah swt memusnahkan Bumi - mahluk hidup beserta seluruh isinya
yakni alam (antara) saat manusia dihidupkan kembali untuk menuju padang masyhar.
“Maka apakah dia tidak mengetahui apabila dibangkitkan apa yang ada di dalam kubur.” (Al-’Aadiyat: 9)


ثُمَّ اِلَيْهِ تُحْشَرُوْنَ
... kemudian kepada-Nya lah kamu dikembalikan...

“Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.” (Al-Mu’minuun: 16),
Hingga manusia dikumpulkan pada suatu alam yaitu:ALAM MASYHAR
yakni alam dimana Manusia dibangkitkan kembali dari Alam Kubur oleh Allah swt serta berkumpul di Padang Masyhar dan masing masing manusia tidak mengenal satu sama lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih semoga kritik dan sarannya